Sunday, June 26, 2011

Koordinat Absolute VS Koordinat Relatif di AutoCAD

Perhatikan lagi interface autocad di atas, di sebelah kiri bawah layar terdapat sumbu X dan Y. Artinya bahwa lembar kerja AutoCAD terdiri dari koordinat kartesius absolute (sebenarnya). Bagi anda pemula dalam belajar AutoCAD, saya harap anda benar-benar memahami sistem koordinat yang berlaku di autocad karena akan sangat menentukan penguasaan anda dalam menggambar di autocad ke depannya.

Perhatikan gambar koordinat di bawah ini:

Sistem koordinat ini berlaku dalam autocad, dan penting anda ingat bahwa saat anda membuat gambar di autocad berarti anda sedang bekerja di sistem koordinat, jadi setiap object yang kita buat sebenarnya berada di koordinat tertentu. Dalam autocad untuk memasukkan nilai koordinatnya anda harus hapal letak atau arah objec yang akan anda buat sesuai dengan tata letak koordinat kartesius di atas.

Dalam autocad R.2005 keatas koordinat yang berlaku di layar kerja AutoCAD adalah koordinat relatif. Arti koordinat relatif adalah koordinat yang mengangap tempat kita mengklik pertama kali di layar AutoCAD untuk membuat objek adalah titik 0,0. Koordinat relatif ini sangat membantu dalam pembuatan objec di autocad.
Untuk menonaktifkan koordinat relatif pada autocad 2005 keatas cukup dengan menonaktifkan panel , tapi pada saat anda akan membuat objec yang menggunakan sistem koordinat relatif, anda harus mengetikan tanda @ sebelum anda memasukkan koordinatnya. Tanda @ harus selalu anda pakai bila membuat object dalam autocad 2004 ke bawah. Selamat belajar Autocad



Pemakaian Koordinat Relative di AutoCAD
 
Bukalah layar kerja autocad anda, sekarang kita akan mencoba menggunakan koordinat relatif dalam autocad. Bila anda menggunakan versi AutoCAD R.2004 dan sebelumnya jangan lupa untuk mengetikkan tanda @ sebelum anda mengetikan titik koordinat.
misalnya kita akan membuat sebuah kotak dengan menggunakan garis dengan ukuran 300 x 300 seperti gambar berikut :
prosesnya adalah sebagai berikut(saya menggunakan autocad R2006):
Ketik: L - Enter

Klik di sembarang tempat sebagai titik awal

ketik: 0,300 - enter (akan terbentuk garis vertikal arah atas karena sumbu Y yang ada nilainya)

ketik: 300,0- enter (akan terbentuk garis horizontal arah kanan karena sumbu X yang ada nilainya)

ketik: 0,-300- enter(akan terbentuk garis vertikal arah bawah karena sumbu Y nilainya negatif)

Ketik: c - enter (perintah untuk menutup kotak bila perintah koordinat tidak pernah tereksekusi atau putus)

Gambar kotak di atas lebih mudah lagi bila menggunkan perintah rectangle, prosesnya:

Ketik: Rec - Enter

Klik di sembarang tempat sebagai titik awal

ketik: 300,300 - enter

Catatan:
Anda harus ingat bila panel DYN yang berada di bagian bawah layar kerja AutoCAD dalam keadaan OFF, maka koordinat di atas akan terbaca sebagai koordinat Absolute (koordinat sebenarnya)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...